Selasa, 18 Juni 2013

Google Analytics

Google Analytics


Google Analytics (GA) adalah layanan yang ditawarkan oleh Google yang menampilkan rincian statistik  tentang lalu lintas situs web dan sumber lalu lintas dan langkah-langkah konversi dan penjualan. Ini adalah layanan situs statistik yang paling banyak digunakan.


Google Analytics menyediakan analytics digital yang canggih untuk siapa saja yang memiliki web, besar atau kecil. Ini adalah salah satu solusi analytics digital paling canggih yang tersedia - dan dapat digunakan siapa saja secara gratis.



Google Analytics


Layanan dasar Google Analytics adalah gratis namun Anda juga bisa merubahnya kedalam versi Premium yang tersedia untuk Anda bayar dan perlu Anda anggarkan juga.

Google Analytics (GA ) dapat melacak pengunjung dari semua penghubung, seperti pengunjung dari mesin pencarian, jaringan sosial, kunjungan langsung dari situs mereka sendiri. Bahkan dari sebuah iklan, jaringan Pay-Per-Click, email marketing dan juga tautan seperti link yang terkandung  dalam dokumen PDF.

Jika diintegrasikan dengan Google AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords Anda yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.

Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat laporan tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Orang yang dapat menggunakan Google Analytics
Sebenarnya bisa siapa saja untuk menggunakan dan menikmati layanan dari Google ini namun bagi anda yang bekerja sebagai:

Staf Eksekutif, Anda dapat mempelajari:
  • Program pemasaran apakah yang paling efektif
  • Pola/tren kunjungan situs web yang akurat
  • Pelanggan dan segmen pelanggan manakah yang paling menguntungkan
Staf Pemasaran, Anda dapat mempelajari:
  • Dari mana pengunjung berasal dan apa yang mereka lakukan di situs
  • Bagaimanakah cara agar situs web mengonversi lebih banyak pengunjung menjadi pelanggan
  • Kata kunci apakah yang menarik bagi prospek dan mengarah ke konversi
  • Materi iklan atau iklan daring apakah yang paling efektif
Pengembang & Konten, Anda dapat mempelajari:
  • Lokasi keluarnya pengunjung situs
  • Laman mana yang paling lama mempertahankan pengunjung
  • Istilah penelusuran apa yang biasa digunakan untuk menemukan situs

Selain itu, pelanggan Google AdWords dapat melihat data Analytics mereka dari akun AdWords —Google telah menambahkan tab dalam laporan dan setelan Analytics Anda. Cukup buka Alat & Analisis > Google Analytics. Dan, Analytics akan memberi tag kampanye AdWords Anda secara otomatis Untuk pelacakan terperinci - cukup aktifkan opsi pemberian tag otomatis saat menautkan akun Google AdWords dan Google Analytics Anda.

Untuk menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakannya untuk melacak berbagai konten berbasis-web.
  • Melacak beberapa situs web
    Google Analytics akan melacak sebanyak mungkin situs web yang Anda miliki! Google memberikan beberapa profil di akun, sehingga Anda dapat melihat laporan individual untuk domain atau subdomain tertentu.
  • Melacak laman blog, MySpace, atau Facebook Anda
    Untuk menggunakan Google Analytics dalam melacak laman di Facebook, MySpace, WordPress, atau solusi lainnya, Google menyarankan agar menelusuri widget pihak ketiga yang memudahkan penyiapan Analytics untuk kerangka situs yang ditentukan sebelumnya. Anda mungkin tidak dapat menggunakan Analytics di situs tempat Anda tidak dapat mengedit kode laman (seperti di MySpace, misalnya). Namun, seringkali Anda dapat menemukan plugin atau widget yang akan membantu dalam menggunakan Analytics di laman Anda.
  • Melacak kunjungan dari umpan RSS
    Agar Google Analytics dapat melacak data, sangatlah penting untuk mengeksekusi kode pelacakan Google Analytics. Karena sebagian besar pustaka RSS/atom tidak dapat mengeksekusi JavaScript, maka Analytics tidak akan menghitung tayangan laman yang dimuat melalui pustaka RSS. Analytics mengharuskan pengunjung menjalankan berkas JavaScript di server Google dengan tujuan untuk melacak tayangan laman tersebut.
  • Menggunakan Analytics bersamaan dengan solusi analisis web lainnya
    Anda dapat menjalankan Google Analytics secara paralel dengan solusi pihak ketiga atau internal apa pun yang telah digunakan.

Berapakah Biaya Analytics?, Jika situs Anda menghasilkan 10 juta atau lebih sedikit klik per bulan, maka Google Analytics memberikannya secara gratis. Jika situs Anda menghasilkan lebih dari 10 juta klik per bulan, maka Google Analytics menawarkan peningkatan batasan sebagai bagian dari Google Analytics Premium.

Lihat Perbandingan Google Analytics Standard dengan Google Analytics Premium (Click Di Sini)



Sumber:  Google Analytics

   Terima Kasih Telah Berkunjung - Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar