Selasa, 18 Juni 2013

Google APIs

Google APIs


Application Programming Interface yang di singkat menjadi API merupakan sebuah spesifikasi yang digunakan oleh komponen perangkat lunak untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebuah API dapat menggambarkan cara di mana suatu tugas tertentu dilakukan. sekumpulan fungsi-fungsi yang membentuk sistem operasi.


Jadi API adalah seperangkat aturan tertentu atau algoritma tertentu yang dikodekan dengan spesifik yang dapat digunakan dan bisa juga dipakai berkomunikasi oleh perangkat lunak lainnya (Applikasi). Berfungsi sebagai pemograman antarmuka antara program perangkat lunak yang berbeda dan memfasilitasi interaksi antara kedua applikasi tersebut, mirip dengan cara antarmuka pengguna memfasilitasi interaksi antara manusia dan komputer. API adalah bahasa pemograman yang dapat dibuat untuk aplikasi, sistem operasi , dll, sebagai cara mendefinisikan "kosakata" dan ruang lingkup sumber daya (pemanggilan fungsi-fungsi di luar applikasi itu sendiri)


Google APIs


Dalam prakteknya di sebagian besar kasus API adalah Library nya yang biasanya mencakup sederetan spesifikasi untuk rutinitas, struktur data, kelas objek, dan variabel.

Spesifikasi API dapat mengambil banyak bentuk, termasuk standar internasional seperti POSIX, Vendor dokumentasi seperti Microsoft Windows API, perpustakaan sebuah bahasa pemrograman, misalnya Standard Template Library in C + + atau Java API.

Sebuah Application Programming Interface (API) berbeda dengan Application Binary Interface (ABI)

API adalah sumber kode yang berbasis sedangkan ABI merupakan aplikasi interface yang menggambarkan interface pada tingkat rendah antara program komputer dan sistem operasi atau program lain. Misalnya POSIX adalah sebuah API, sedangkan Linux Standard Base merupakan sebuah ABI.

Untuk lebih jelasnya…
API: Anda bisa mempelajari lebih lanjut di Situs wikipedia (Click di sini)
ABI: Anda bisa mempelajari lebih lanjut di Situs wikipedia (Click di sini)

Google APIs menawarkan berbagai macam API, terutama untuk sebuah website menggunakan API untuk mengembang websitenya. API didasarkan pada produk konsumen Google yang sering digunakan, termasuk seperti Google Maps, Google Earth, AdSense, AdWords, Google Apps dan YouTube.

Dengan sebutan Google Code ini merupakan kumpulan dari sebuah situs Google untuk alat-alat pengembang, API dan sumber daya teknis. Situs ini berisi dokumentasi tentang cara menggunakan alat Google pengembang dan API-termasuk kelompok diskusi dan blog bagi para pengembang menggunakan produk pengembang Google.

Ada banyak API yang ditawarkan untuk hampir semua produk konsumen terpopuler dari Google, seperti Google Maps, YouTube, Google Apps dan lain-lain.

Situs ini juga dilengkapi dengan berbagai produk pengembang dan alat-alat yang dibangun khusus untuk pengembang.
  • Google App Engine adalah layanan hosting untuk aplikasi web.
  • Project Hosting memberikan pengguna kontrol versi untuk kode Open Source.
  • Google Web Toolkit (GWT) memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi Ajax dalam bahasa pemrograman Java.

Situs ini berisi informasi referensi untuk produk pengembang berbasis masyarakat bahwa Google terlibat dengan sebuah system seperti Android dari Open Handset Alliance dan OpenSocial dari Yayasan OpenSocial.

Kesimpulan untuk Google APIs adalah kumpulan produk -produk Application Programming Interface yang dimiliki oleh Google. Dalam sebuah wadah Google Developers

Sumber: Google APIs



Tidak ada komentar:

Posting Komentar